Penyebab dan Cara Memperbaiki Tv Rusak Dengan Mudah

Penyebab dan Cara Memperbaiki Tv Rusak Dengan Mudah

Anda pasti pernah bingung sendiri karena TV mati/rusak sendiri lalu hidup dan kemudian sering kali hidup sendiri.

Tentunya kalau hal seperti ini dibiarkan terus menerus akan mengganggu Anda ketika sedang menonton dan pada akhirnya komponen yang ada didalamnya akan rusak lebih parah.

Beberapa permasalahan seperti lampu indikator tv tidak menyala atau berkedip-kedip bahkan layar lcd tv mati bukanlah suatu masalah yg rumit sehingga Anda tidak perlu khawatir dan terburu-buru membawanya ke tempat service.

Berikut ini beberapa penyebab yang membuat tv Anda sering mati/rusak, setelah mengetahuinya barulah Anda dapat memperbaikinya.

Komponen Tidak Merekat Sempurna

Masalah seperti ini sering terjadi di tv tua atau tv tabung yakni ada beberapa komponen yang tidak merekat dengan sempurna, maksudnya timah sudah tidak menempel. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat retakan disekitar timah

Apabila komponennya tidak bisa rapat dengan sempurna, maka kinerja komponen tv pun akan terganggu. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa tv Anda bisa mati sendiri.

Untuk megatasi hal ini Anda harus untuk membongkar TV lalu mengecek komponen mesin, apakah ada komponen yang longgar atau retak.

Apabia ada Anda dapat memperbaikinya dengan menyolder ulang komponen tersebut hingga merekat sempurna.

Selain itu, karena sudah membongkar tv, jangan lupa juga untuk membersihkan komponen-komponen tv menggunakan cairan Tenner dan sikat gigi kecil, bersihkan secara merata agar kotoran, karat hilang karena debu dan kotoran dapat membuat tv cepat panas dan menjadi overheat.

Periksa Transistor Horizontal

Transistor horizontal juga masih ada hubungannya dengan layar tv, apabila bagian ini bermasalah maka tampilan layar juga akan ikut bermasalah, untuk memperbaiki masalah ini tidak terlalu rumit.

Anda hanya memeriksa kondisi transistornya saja, apakah terlihat terbakar atau panas sekali ketika disentuh.

Kalau terlihat ada bekas terbakar atau ketika disentuh terasa panas sekali berarti transistor horizontal tersebut memang perlu diganti karena sudah rusak.

Apabila tidak segera diganti maka dapat membuat kerusakan pada komponen yang lainnya.

Sumber: YT/Suwardianto 9

Periksa Komponen Lainnya

Terakhir, periksalah kondisi fisik pada komponen lainnya seperti Elco, biasanya masalah pada elco bisa dilihat dari fisik seperti yaitu menggelembung, retak, atau terdapat bekas seperti terbakar.

Jika Anda menemukan ciri seperti itu maka harus diganti sesuai dengan ukuran agar tidak terjadi masalah lagi nantinya, jadi silakan periksa masing-masing komponen yang berhubungan dengan layar.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *