[Update] Cara Mengatasi Gambar Tv Melebar Ke Atas, bawah, samping

Gambar Tv Melebar Ke Atas_ Ini Solusinya!

Seperti yang kita ketahui, semua tv tentunya memiliki pengaturan tersendiri, salah satunya yaitu untuk mengatur lebar dan panjang gambarnya, namun terkadang walaupun sudah diatur ada beberapa problem yang cukup sering terjadi, yakni gambar tv melebar ke atas, untuk memperbaiki Anda mampu membaca artikel ini hingga selesai.

Memang benar, lebar, tinggi, panjang, kiri dan kanan gambar TV bisa kita atur melalui hidangan pengaturan atau factory reset, berbeda dilema kalau gambar cenderung lebih ke atas, kami rasa ini tidak akan bisa diperbaiki hanya dengan mengubah pengaturannya, ada penyebab dan cara khusus untuk mengatasi kerusakan seperti ini. Namun daripada Anda menggunakan jasa servis mending diperbaiki sendiri.

Biasanya, gambar melebar ke atas terjadi pada TV tabung yang baru saja ganti komponen atau bahkan ganti mesin, hal ini sebab bisa jadi mesin baru tidak terlalu cocok dengan TV tabungnya, biasanya ini terjadi pada TV tabung cina.

Bagi Anda yang masih kebingungan mencari cara memperbaiki gambar terlalu ke atas, maka kami akan memberi tahu penyebab dan solusinya dalam melakukan service supaya mampu segera teratasi, jangan melewatkan satu kata pun dari artikel ini, biar tidak terjadi kesalahpahaman.

Gambar TV Melebar Ke Atas

Gambar Tv Melebar Ke Atas_ Ini Solusinya!

Ada beberapa penyebab kenapa kerusakan ini seringkali terjadi pada TV tabung atau bahkan TV led dan LCD, biar lebih mudah untuk memperbaikinya, berikut ini penyebab yang perlu Anda ketahui:

Penyebab Gambar TV Melebar Ke Atas

  • Arus tegangan pada defleksi kumparan vertikal terlalu tinggi, hal ini bisa menyebabkan lebar gambar menjadi lebih, penyebab kenapa arus tegangan vertikal terlalu tinggi mampu saja sebab sebelumnya ada komponen yang diganti, terutama pada bagian vertikal.
  • Adapun yang lainnya karena setelan VR berubah, hal ini mampu terjadi alasannya VR sudah kotor dan lembab.
  • Selain itu juga, kemungkinan penyebab lainnya yaitu sebab adanya kondensator elektrolit yang sudah kering atau rusak, hal ini juga mampu kuat pada lebar gambar TV.

Artikel lainnya: Penyebab dan Cara Memperbaiki Tv Rusak Dengan Mudah

Solusi Gambar TV Melebar Ke Atas

Cara mengatasi kerusakan mirip ini bisa dilakukan dengan mengatur ulang VR pada mainboard sambil melihat perubahan lebar layar TV, kalau tidak ada perubahan, silakan bersihkan kotoran pada VR sampai benar-benar higienis, jangan lupa juga untuk mengecek komponen kondensator elektrolit yang bisa saja sudah kering.

Gambar Menyempit Horizontal

Gambar pada layar tv menyempit ke kiri atau ke kanan dan kadang kala gambar tampak tidak fokus.

Penyebab :

  • Kerusakan seperti ini jarang tejadi pada TV keluaran baru. Tegangan output horizontal lebih rendah sehingga rangkaian arus gigi gergaji pada kumparan defleksi horizontal (yoke) bertambah lemah.

Solusi :

  • Periksa tegangan output catu daya. Jika tegangan outputnya lebih rendah dan nilai yang tertulis pada PCB, periksa unsur-komponennya.
  • Periksa kapasitor damper pada kaki kolektor transistor Horizontal kemungkinan sudah melemah, atau berganti nilai. Perubahan nilai kapasitor ini bias menjadikan panas berlebihan pada transistor horizontal dan kalau dibiarkan cukup lama bias menghancurkan transistor horizontal. Nilai kapasitor ini umumnya 8,2 – 15 nF 1600 Volt.
  • Periksa rangkaian defleksi horizontal khususnya transistor yang ada di dalamnya.
  • Periksa keadaan yoke. Jika rusak atau terbakar mesti diganti.

Gambar Tv Melebar Horizontal

Kerusakan ini ditandai dengan ciri gambar pada layar akan berbentuk elips atau orang akan kelihatan kian gemuk. Kerusakan pelebaran horizontal disebut juga amplitude horizontal terlalu besar atau meregang.

Penyebab :

  • Kerusakan seperti ini sangat jarang terjadi pada TV keluaran baru. Sementara itu, pada TV konvensional, kerusakan semacam ini disebabkan oleh Vr yang rusak.

Solusi :

  • Ubah nilai pengontrol lebar horizontal. Jika tidak ada perubahan, ganti Vr tersebut.
  • Periksa tegangan output catu daya. Jika tegangan outputnya lebih besar dari pada nilai yang tertulis pada PCB, periksa komponen-komponennya.
  • Jika tegangan catu daya wajar , periksa tegangan anoda CRT.
  • Jika tegangan anoda CRT terlalu rendah, periksa bab rangkaian penguat tegangan tinggi.

Pemendekan Tinggi Gambar

Kerusakan ini ditandai dengan tinggi layar tidak cukup sehingga terdapat daerah hitam di atas dan di dasar raster.

Penyebab :

  • Amplituda gelombang gigi gergaji dalam kumparan defleksi vertikal terlalu kecil sehingga output rangkaian defleksi vertikainva tidak cukup.
  • Kerusakan semacam mi hanya terjadi pada TV konvensional yang umumnya disebabkan oleh nilai Vr yang tidak cocok atau kondensator elektrolit yang sudah kering.

Solusi :

  • Periksa Vr pengatur amplitudo vertikal (VSIZE) dan pengatur linieritas (VLlN). Pada TV digital, pengaturan mampu dilaksanakan dengan cara men g-adjust dengan remote control dari sajian adjusment. Jika tidak ada pergantian atau cuma dikit perubahan, periksa R dan Tr pada rangkaian defleksi vertikal barangkali ada yang rusak.
  • Periksa kondensator elektrolit. Kondisi kondensator elektrolit mampu dilihat dan performa fisiknya. Jika karet bag bawah menggelembung atau permukaan atasnya berwama kusam, memiliki arti kondensator elektrolit tersebut sudah kering.

Artikel terkait:

Nah untuk dikala ini hanya itu saja yang mampu kami bagikan, biar artikel mengenai cara mengatasi gambar TV melebar ke atas, bawah, kiri, dan kanan bermanfaat untuk Anda, jangan lupa membaca artikel menarik lainnya hanya di , terimakasih sudah berkunjung.

0